Jangan Melihat Ke Atas, Nanti Kesandung!!!

Di pekerjaan, gw ketemu orang banyak dengan berbagai macam karakter. Ada yang super ramah (sampai gw bingung bagaimana menghentikan pembicaraan karna banyak kerjaan yang mesti dilanjutkan), ada yang baik, ada yang sombong dan angkuh, ada yang pemarah, ada yang tulalit, dan banyak lagi.

Kunci menghadapi orang-orang yang bermacam-macam itu, cuma dengan SENYUMAN.

Yah gw ga bisa memungkiri, kadang kalo orangnya sudah kelewatan banget, gw bisa terpancing juga sih. Bukan berarti kalo kita di bagian jasa bisa seenaknya diperlakukan seperti bukan manusia. Mungkin ini yang masih jd kegagalan gw kerja di bidang jasa. Berbeda ama rekan gw, yang bisa tetap tersenyum dimaki2 serendah2nya, abis itu dia nangis di belakang.

Pernah tidak berpikir, hidup kita ini hanya sementara? Apa yang kita punya bisa dibalikkan oleh Tuhan sekejap mata menjadi tidak ada sama sekali pada diri kita?

Sekali pernah seorang istri mantan pejabat PLN datang ke tempat gw. Sebelum dia datang ke tempat gw, dari pagi gw sudah berusaha membereskan semua keperluan yang dia butuhkan. Gw sudah telfon ke PLN mengenai keperluannya. Smua approval sudah lengkap dari PLN. Gw udah make sure apakah GL dari PLN sudah di tangan keluarga. Pihak PLN bilang sudah. Gw menarik nafas lega. Beres smuanya. Dia tinggal masuk, urusan surat-menyurat sudah beres. Jam 1 siang, gw telfon ke hp nya, buat konfirmasi. Yang angkat telfon adalah anaknya. Gw pastiin bahwa GL nya harus dibawa. Anaknya bilang iyah.

Sampai di tempat gw, mulailah hal-hal yang menurut gw ga masuk di akal. Sewaktu gw mau ambil materai, anaknya marah2 karna katanya dia mesti buru-buru. Padahal gw ngambil materai ke dalam kurang dari 1 menit. Gw cuma tersenyum dan minta maaf saja. Yah gw juga salah, kenapa tidak cek materai di laci gw masih ada stock ato engga.

Setelah semua data terisi, gw meminta GL dari PLN nya. Disinilah ibu dan anak ini mulai menggila. Ada setengah jam gw bengong liat mereka ngamuk2 gantian. Intinya GL tidak dibawa mereka, krn sopirnya belon nyampe rumah waktu mereka berangkat. Belum selesai ibunya ngomel-ngomel, anaknya udah ngomel2 juga. Terus begitu. Kaya duet penyanyi rap. Dan itu berlangsung 30 menit. Berapa album lagu rap yah kira2 itu?

Mendengarkan orang yang ngomel2 sih bagi team kami sudah sangat biasa. Tapi yang bikin gw jadi terpancing adalah…

“Diam dulu!! Jangan ngomong!!”

Itu terus berulang-ulang diucapkan selama 30 menit. Padahal gw dalam keadaan bengong dan tidak mau ngomong. Smua di komplain. Mulai dr petugas security, manajemen, karyawan, dll tidak ada yang benar di mata mereka. Ujung-ujungnya anaknya bicara.

“Jangan kamu pikir kita tidak bisa bayar yah. Kamu juga bisa saya beli. Cm kalo memang masih bisa menggunakan fasilitas PLN kenapa engga? Ayah saya pejabat di PLN asal kamu tau.”

Gw ampe ga bisa ngomong lagi. Maaf yah mbak…mbak sudah menikah belon? Kalo belon, wajar sih, mengingat kelakuan mulutnya kaya gitu (hehehe…sorry, saking gondoknya gw). Bayar gw? Gw kalo jadi gigolo, milih2 jg kali. Hikz.

Tiba-tiba datang security, bilang mobilnya tolong dipindahkan, krn parkirnya persis di depan pintu masuk. Menghalangi orang yang masuk dan keluar.

“Suka-suka saya mau parkir dimana. Saya cuma 5 menit. Saya kan klien di sini. Saya cuma mau ngantar ibu saya. Saya ini S2, jgn bicara mengenai peraturan, saya lebih tau dari kamu”

Ya ampun…nih perempuan kayanya cocoknya kawin ama iblis kali yah. Fiuh.

Akhirnya gw diam aja. Mengingat orang di depan gw bukan org yang normal pikirannya. 5 menit katanya? Dia aja ama ibunya udah ngoceh2 setengah jam lebih di depan gw. S2 dan lebih tau peraturan katanya? Jangankan di gedung, lo parkir di depan pintu rumah orang aja bisa ditimpuk mobil lo. Hikz.

Setelah gw beresin semua administrasinya, gw persilakan mereka menuju bagian lainnya. Sudah. Gw ga ngomong apa2. Walo tersenyum, gw tau muka gw udah getir banget.

“Nama kamu siapa? Saya akan ajukan protes ke menejemen kamu. Biar kamu dipecat”

Di titik itu, entah kenapa, gw malah jd mau ketawa. Perasaan gw jadi cair.

Gw tunjukin name tag gw.

“Ini ibu nama saya. Silakan ibu, kami terbuka menerima komplain apapun. Termasuk mengenai diri saya. Karena itu masukan buat saya.”

“O kamu menantang ibu saya? Kepala disini itu teman ibu saya. Lihat saja, ibu saya akan tuntut sampai masalah ini selesai.”

“Masalah apa ibu? Mengenai GL? Kita tetap akan tunggu 1X24 jam. Kalo tidak, maaf, walo approval sudah diberikan, kita tidak bs memproses lebih lanjut. Penagihan akan ditagihkan ke ibu. Mengenai saya, yah silakan saja ibu. Saya pun daritadi tidak mengerti masalah ibu berdua marah2. Karena saya taunya dari PLN kalau GL sudah ditangan ibu. Trus jam 1 siang saya ingatkan melalui hp, ibu bilang iyah. Sampai disini, saya meminta GL nya. Wajar kan bu? Karena itu tugas saya. Darimana saya tau, kalo ternyata GL nya masih di tangan sopir ibu? Kalau tadi ibu bilang, GL nya masih di tangan sopir ibu, dan minta waktu kira2 1-2 jam lagi sampai sopir ibu datang kesini, masa saya tolak? Jadi saya pun daritadi bingung ibu berdua bisa marah-marah dan maki-maki saya karena apa. Kalau ibu menuntut saya dipecat ke atasan saya, silakan. Saya punya Tuhan. Tuhan tidak akan membiarkan saya kelaparan, karena ada orang-orang yang saya tanggung.”

Mereka berdua diam. Abis itu pergi sambil ngomel2 pelan.

Fiuh…jangan terus melihat ke atas akh, nanti bisa kesandung.
Tiap orang sama kok di mata Tuhan. Jangan pernah memandang hina orang lain. Bisa aja kita membuat orang menderita, tapi kita tidak bisa mencegah Tuhan utk melepaskan penderitaan orang yang kita aniaya. Jadi, buat apa kita takabur?

Posted with WordPress for BlackBerry.

About noldieworld

Seseorang yang terus berusaha mencari makna hidup dan menuangkannya dalam bentuk tulisan...
This entry was posted in Noldie dan Dunianya. Bookmark the permalink.

Leave a comment